Kematian AIDS Meningkat

Kematian AIDS Meningkat

\"stop-HIV-dan-AIDS1\"CURUP, BE - Angka penderita HIV/AIDS sejak tahun 2003 hingga Maret 2013 terus mengalami peningkatan. Selama kurun waktu tersebut terdata secara real ditemukan sebanyak 85 kasus HIV/AIDS terjadi di Rejang Lebong, 72 diantaranya meninggal dunia. Atau dengan kata lain, angka kematian mencapai 84 persen.

\"Secara grafis kasar, angka ODHA terus meningkat hingga tahun lalu. Penurunan angka penderita hanya terjadi pada tahun 2007 dan 2011 lalu. Tetapi, penurunan tersebut bisa saja dikarenakan tidak adanya kegiatan dari kita,” ujar  Sekretaris Komite penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Rejang Lebong Almaini SKM MM, dalam rapat koordinas KPA RL di ruang rapat bupati, Senin (4/3).

Selain itu, Almaini juga menyampaikan jika dalam upaya penanggulangan HIV/AIDS tersebut dibutuhkan aksi nyata terhadap komunitas berisiko tinggi yang ada di sejumlah wilayah Rejang Lebong.  “Sosialisasi sudah cukup kita lakukan.

Hampir di setiap kesempatan selalu disampaikan. Hanya saja, seiring dengan era globalisasi, upaya sosialisasi tidak sebanding dengan percepatan penyebaran penyakit ini,” ujar Almaini.

Sebagai langkah upaya penanggulangan di tahun 2013 ini, lanjut Almaini, telah ditentukan 5 langkah aksi yang harus dilakukan secara lintas sector dan melibatkan seluruh kalangan. Baik pemerintah daerah, KPA, SKPD dan masyarakat.

“Rencana aksi yang akan kita lakukan diantaranya, pembentukan warga peduli AIDS (WPA) yang akan dilaksanakan oleh KPA dan BPMD RL.  Perencanaan penganggaran penanggulangan AIDS di daerah. Pelatihan pendidik sebaya kepada populasi kunci, pelajar, mahasiswa dan masyarakat. Pertemuan koordinasi mitra pelaksana serta Mobile VCT dan IMS,” ujar Almaini.

Selain itu, lanjut Almaini, aksi tersebut akan dilakukan oleh masing-masing SKPD RL. Khususnya, Dinas Sosial, tenaga kerja dan Transmigrasi RL serta Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana RL.  “Untuk pengobatan secara rutin akan dilakukan oleh RSUD Curup. Sedangkan untuk mendeteksi akan dilakukan oleh pihak KPA dan Puskesmas melalui mobile VCT dan IMS,” ujar Almaini.

Di bagian lain, Sekretaris Kabupaten Rejang Lebong, Drs. Sudirman meminta agar upaya penanggulangan HIVS/AIDS ini tidak hanya sekadar wacana belaka.  Berdasarkan laporan KPA RL, sambung Sudirman, peningkatan jumlah kasus HIV/AIDS terus terjadi setiap tahunnya. Tidak menutup kemungkinan jika pada tahun 2013 jumlahnya akan terus meningkat drastis seiring era globalisasi yang terus berjalan.

“Memang dalam setiap pertemuan kita lakukan sosialisasi mengenai bahaya narkoba, AIDS dan pergaulan bebas kepada warga. Tetapi upaya kita saat ini sepertinya tak sebanding dengan cepatnya penyebaran AIDS akibat era globalisasi. Bahkan, secara grafik, peningkatan jumlah terus ada. Jadi saya minta agar dari rapat ini kita dapat sepakati upaya apa yang dilakukan untuk memutus jalur penyebaran HIV/AIDS di RL,” tegas Sudirman. (999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: